14 Tips Menjalankan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Depot Air Minum adalah sebuah bisnis atau usaha yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum untuk menjual langsung kepada konsumen untuk dikonsumsi. Begitu pula dengan depot air isi ulang. Air baku yang baik untuk digunakan adalah :

  • Tidak berwarna
  • Tidak berbau
  • Tidak berubah warna dan tidak ada endapan setelah di diamkan selama 24 jam
  • TDS dibawah 150ppm
  • Memiliki pH : 6.5 – 7.5

Air minum isi ulang banyak dipilih masyarakat karena terbukti praktis dan harganya relatif lebih murah. Itulah yang menyebabkan usaha depot air minum isi ulang dinilai menjanjikan keuntungan yang pasti, walaupun harus mengeluarkan modal yang lumayan di awal untuk memulainya.

Untuk anda yang tertarik menjalankan usaha depot air isi ulang, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini:

Inilah 14 Tips Menjalankan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Depot-Air-Minum
  1. Tentukan Lokasi yang Tepat

Temukan lokasi untuk membuka kios yang tepat dengan memastikan lokasi yang dipilih dekat dan mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga gampang ditemukan oleh konsumen. Selain menguntungkan bagi anda, lokasi yang strategis juga dinilai menguntungkan para konsumen.

  • Penuhi Semua Persyaratan Usaha

Usaha depot air wajib memiliki Tanda Daftar Industri (TDI) dan Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP) dengan nilai investasi perusahaan seluruhnya sampai dengan Rp. 200 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Usaha depot air wajib memiliki Surat Jaminan Pasok Air Baku dari PDAM atau perusahaan yang memiliki Izin Pengambilan Air dari Instansi yang berwenang. Usaha depot air wajib memiliki laporan hasil uji air minum yang dihasilkan dari laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk pemerintah kabupaten/kota atau yang terakreditasi

Setiap daerah tentunya memiliki syarat untuk mendapat izin yang sedikit berbeda, namun umunya inilah beberapa dokumen persyarata yang wajib dipenuhi:

  • Membawa fotocopy Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP)
  • Membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Rekomendasi dari Lurah / Desa Yang Bersangkutan
  • Bukti Lunas PBB Bukti Lunas Reklame
  • Pas Foto 3×4 2 Lembar
  • Memiliki Sertifikat Higiene dan Sanitasi Depot Air Isi Ulang
  • Mengisi formulir yang memuat tentang: nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, kegiatan usaha, sarana usaha yang digunakan, dan jumlah modal usaha.

Permohonan izin tersebut kemudian diajukan secara tertulis kepada bupati atau pejabat yang ditunjuk. Permohonan izin depot air isi ulang tidak dikenakan biaya, jadi jika anda yang meminta biaya apapun, wajib dipertanyakan. Izin usaha ini berlaku selama 5 (lima) tahun dan wajib diperbaharui setiap 1 (satu) tahun sekali.

  • Siapkan Modal dan Peralatannya

Anda tentunya harus menyiapkan modal yang cukup untuk membeli dan melengkapi setiap peralatan yang dibutuhkan, mulai dari mesin, galon, hingga transportasi untuk antar jemput gallon. Anda juga harus mengetahui kapasitas yang anda perlukan. Karena untuk memulai, anda belum membutuhkan mesin dengan kapasitas yang terlalu besar yang penting mencukupi kebutuhan.

  • Tentukan Harga Jual yang Bersaing

Pastikan anda mengetahui harga pasaran dari penjualan 1 galon air isi ulang, karena bagi konsumen, meski hanya selisih lima ratus rupiah akan menjadi dipertimbangan dalam menentukan pilihan.

  • Promosikan Usaha Anda

Promosikan usaha anda agar mudah diketahui oleh masyarakat. Seperti memasang banner yang jelas dan mengundang perhatian. Anda juga bisa menggunakan media social untuk melakukan promosi secara online.

Anda juga bisa gunakan teknik promo diskon harga diawal untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan baru seperti 10 kali isi ulang, gratis 1 kali isi ulang, atau lain sebagainya.

  • Berikan Pelayanan yang Ramah dan Cepat

Supaya palanggan yang sudah mengenal usaha anda tetap kembali membeli air isi ulang di tempat anda, pastikan anda memberikan pelayanan yang maksimal dengan tetap bersikap ramah kepada semua konsumen, juga melayani dengan cepat agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama.

  • Selalu Perhatikan Kualitas Air

Setelah usaha anda berjalan, anda harus tetap memastikan bahwa kualitas air yang anda jual tetap yang terbaik dan terjamin kebersihan dan keamanannya.

  • Sistem Pengolahan harus Sesuai Ketentuan

Kualitas air juga sangat ditentukan oleh proses pengolahannya, jadi anda harus memastikan bahwa proses pengolahan air yang dilakukan sudah sesuai dan tetap sesuai dengan ketentuan.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, baik peralatan untuk pengolahan air, ataupun kios dan lingungan sekitar kios tempat anda. Karena selain untuk mengaja kualitas air tetap maksimal, kebersihan juga akan membuat konsumen lebih yakin untuk memilih produk anda.

  1. Carilah Karyawan yang Loyalitas

Agar usaha anda semakin berkembang, kini bukan saatnya lagi untuk anda yang terjun langsung melayani konsumen. Kini saatnya anda untuk merekrut karyawan yang loyal untuk bekerja di tempat anda agar anda bisa fokus mengembangkan usaha ini.

Anda bisa mencari karyawan dan menggajinya dengan layak, agar anda bisa membuka kios depot isi ulang lainnya dan semakin mengembangkan usaha anda.

  1. Lakukan Interaksi dengan Pembeli

Agar pembeli merasa nyaman dan tetap memilih produk anda, sebaiknya anda lakukan interaksi dengan mengobrol dan menanyakan kabar, atau jika anda sudah memiliki kontak telepon bisa menghubungi secara berkala untuk menawarkan promo.

  1. Berikan Layanan COD

Layanan COD adalah layanan terbaik yang paling bagus digunakan untuk mengembangkan usaha anda. Anda perlu memberikan dan membagikan kontak telepon anda, agar memudahkan para konsumen untuk menghubungi anda dan memesan gallon.

Dengan demikian mereka tinggal menghubungi anda dari rumah untuk pemesanan gallon dan membayar pesanan di tempat. Mereka akan sangat terbantu dengan layanan COD ini karena dinilai sangat praktis.

  1. Lakukan Pembukuan dengan Baik

Jangan lupa untuk mencatat dan melakukan pembukuan untuk setiap pengeluaran dan penghasilan, agar anda dapat mengatahui perkembangan usaha anda. Dengan pembukuan yang baik, maka anda akan semakin mudah untuk mengembangkan usaha anda

  1. Cari Reseller Galon

Reseller akan sangat memiliki peranan penting dalam perkembangan usaha pengisian air galon yang anda kembangkan. Mencari reseller untuk mengembangkan bisnis adalah pilihan yang tepat untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan reseller anda bisa menawarkannya kepada kenalan anda, atau dengan mengiklankan usaha anda di media social seperti facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki reseller, maka penjualan anda akan semakin meningkat, dan usaha anda akan semakin berkembang. Semakin banyak reseller yang anda dapatkan, semakin banyak pula kesempatan mendapat keuntungan.

Anda perlu memperbanyak kapasitas produksi air dan gallon untuk memasok air isi ulang kepada reseller anda.

Nah, itulah 14 Tips Menjalankan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang yang wajib anda praktekkan agar sukses dan menghasilkan keuntungan yang maksimal di bisnis pengolahan air ini.

Depot Air Minum
Tagged on: