Tunangan merupakan satu langkah mendekati pernikahan. Biasanya dalam acara pertunangan ini juga dilakukan tradisi pemakaian cincin tunangan. Semakin modern, model dan jenis cincin tunangan juga semakin banyak. Salah satunya adalah cincin tunangan emas putih.

 

Jika pada umumnya orang-orang banyak menggunakan cincin yang terbuat dari emas kuning, saat ini bisa juga memilih cincin yang terbuat dari emas putih. Jenis ini mulai banyak diminati karena terlihat lebih elegan dan menarik.

Cincin Tunangan Emas Putih

 

Cincin Tunangan Emas Putih

Bagi para kaum muda, emas putih menjadi tren dalam memilih cincin tunangan dibandingkan dengan emas kuning. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya jewellery yang menyediakan cincin emas putih dan cukup banyak modelnya.

 

Pada dasarnya, emas putih merupakan campuran dari bahan emas murni dengan rhodium, palladium, nikel, serta perak. Logam-logam tersebut memiliki sifat yang lebih kuat dibandingkan dengan emas kuning, sehingga warnanya cenderung menjadi putih.

 

Sebuah cincin tunangan identik dengan pemasangan batu permata atau berlian. Batu-batuan ini terasa lebih cocok dan terlihat lebih menarik jika dipasangkan pada cincin emas putih. Warna yang dihasilkan lebih netral, elegan, dan menyatu dengan cincin.

 

Beberapa orang juga lebih menyukai cincin putih karena terkesan modern sebagai cincin tunangan. Cincin dari emas kuning lebih terlihat mencolok dan memiliki kesan norak bagi beberapa orang, khususnya kaum muda. Emas putih jauh lebih natural dan tidak terlalu mencolok.

 

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Emas Putih

Kelebihan

  1. Lebih Tahan Lama

Emas putih terbukti memiliki kualitas dan lebih tahan lama dibandingkan dengan emas kuning. Hal ini karena emas putih terdiri dari campuran rhodium, palladium, dan perak sehingga karakteristiknya lebih kuat.

 

  1. Tidak Mudah Tergores

Jika Anda termasuk orang yang banyak beraktivitas, cincin emas putih ini cocok dikenakan. Pasalnya emas putih tidak mudah tergores dan meninggalkan bekas goresan. Berbeda dengan emas kuning yang cenderung lebih mudah tergores jika terkena benda.

 

  1. Lebih Elegan

Cincin emas putih baik polos maupun dengan pasangan batu permata dan berlian, akan terlihat lebih elegan. Cincin akan terlihat lebih berkilau dan warnanya lebih halus. Sangat cocok dikenakan oleh segala usia.

 

  1. Nilai Investasi Meningkat

Emas bukan hanya bisa dikenakan sebagai perhiasan, namun bisa juga untuk investasi. Cincin emas putih ini bisa juga digunakan sebagai investasi. Harga dari emas putih rata-rata akan mengalami kenaikan setiap tahunnya.

 

Kekurangan

  1. Warna Bisa Memudar

Campuran bahan yang menjadi material emas putih, bisa pudar seiring dengan berjalannya waktu. Anda perlu melakukan pelapisan kembali agar warna putihnya tetap berkilau dan indah.

 

  1. Dapat Menyebabkan Alergi

Beberapa emas putih yang terdapat campuran nikel, bisa mengakibatkan alergi pada penggunanya. Terlebih lagi jika memiliki riwayat kulit yang sensitif. Sebelum memutuskan menggunakan emas putih tanyakan terlebih dahulu campuran bahan yang digunakan.

 

Harga Cincin Tunangan Emas Putih

Seperti pada kebanyakan cincin emas, harga yang dibanderol akan sangat ditentukan oleh jenis, karat, dan model cincin tersebut. Apabila memilih cincin dengan desain rumit maka akan semakin mahal juga harganya. Untuk kadar emas putih yang ada di pasaran saat ini antara lain:

  • Kadar 50% dengan 12 karat.
  • Kadar 75% dengan 18 karat.

 

Hal lain yang mempengaruhi harga emas putih adalah kondisi ekonomi global. Harga emas memang sangat dinamis dengan kenaikan dan penurunan yang sifatnya fluktuatif. Secara lebih jelasnya, hal-hal yang mempengaruhi harga dari emas putih adalah sebagai berikut:

  • Berat akhir dari cincin.
  • Tingkat kerumitan model cincin yang dipilih.
  • Kadar emas dan besarnya karat.
  • Harga mentah emas di pasar global.

 

Karakteristik Cincin Emas Putih

Kenapa cincin putih saat ini lebih banyak digemari dibandingkan dengan emas kuning. Secara umum cincin emas putih terlihat lebih elegan digunakan, berkilau, dan modern. Hal ini juga menimbulkan banyak beredar cincin emas putih yang palsu. Seperti apa cincin emas putih yang asli? Berikut cara mendeteksinya:

  • Cincin emas putih yang asli apabila terjatuh akan berbunyi nyaring.
  • Cobalah menggoreskan cincin pada benda yang teksturnya keras. Apabila cincin tersebut berubah warna menjadi agak kehitaman atau justru sangat hitam, maka jelas cincin tersebut adalah cincin palsu.
  • Gunakan magnet sebagai media uji. Dekatkan cincin emas putih pada bagian magnet. Amati pergerakannya, jika cincin tidak bereaksi apapun terhadap magnet maka cincin tersebut memiliki bahan emas putih asli.

Sedangkan jika muncul reaksi dari cincin terhadap magnet, misalnya tertarik ke arah magnet, maka bisa dipastikan jika cincin tersebut adalah cincin emas putih palsu. Selain itu pastikan Anda membeli cincin emas putih di toko perhiasan yang terpercaya.

 

Cara Praktis Memilih Cincin Tunangan

Memilih cincin tunangan mungkin terlihat simple, karena Anda tinggal tunjuk cincin seperti apa yang diinginkan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya jika melakukan beberapa persiapan agar tidak bingung dan memiliki perencanaan yang matang.

  1. Tentukan Anggaran

Hal awal yang harus dilakukan adalah tentukan budget. Berapa jumlah yang dipersiapkan untuk membeli cincin nikah tersebut. Lakukan survey pasar untuk melihat kisaran harga yang ada.

 

  1. Tentukan Design Cincin

Selera orang mungkin berbeda-beda, Anda bisa berembuk dengan pasangan dalam menentukan desain cincin. Banyak sekali contoh cincin tunangan yang bisa dijadikan referensi. Bisa juga melihat-lihat di jewellery untuk lebih detailnya.

 

  1. Pilihlah Toko Perhiasan yang akan Dituju

Toko perhiasan yang menyediakan cincin Tunangan emas putih sangat banyak. Hampir semua toko emas menyediakannya. Pilihlah toko perhiasan yang memiliki ragam desain cincin variatif agar lebih memudahkan dalam memilih cincin yang sesuai.

 

Hal penting yang juga harus diperhatikan adalah, pilihlah toko perhiasan yang memberikan garansi after sales. Jadi ketika Anda sudah membeli tersedia juga garansi perawatan cincin tersebut.

 

Merawat Cincin Emas Putih

1. Mencuci Cincin

Cincin yang digunakan setiap hari tentu bisa kotor, salah satu caranya adalah dengan mencuci cincin tersebut. Tujuan dari mencuci cincin selain agar tampak bersih juga cincin lebih berkilau kembali. Berikut adalah cara praktis mencuci cincin:

  • Rendam cincin dalam air hangat yang telah diberi sabun untuk mencuci piring kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Jika cincin terlalu kotor, sikat dengan menggunakan sikat gigi yang lembut secara perlahan.
  • Apabila cincin memiliki batu permata, pastikan batu permata masih terpasang dengan baik sebelum dicuci. Anda bisa membungkus pada bagian permatanya dengan kain halus sebelum direndam.
  • Bilas cincin sampai bersih
  • Lap dengan kain halus hingga kering.
  • Jangan terlalu sering mencuci cincin emas putih, sebab akan mengikis lapisan rhodium pada cincin tersebut.

 

2. Memoles Cincin

Seperti yang telah dikemukakan di awal, bahwa cincin putih terdapat lapisan rhodium yang dapat memudar selang beberapa waktu. Anda bisa memoles cincin agar berkilau kembali. Cara ini memang tidak bisa dilakukan sendiri, Anda harus datang ke toko perhiasan yang menyediakan layanan tersebut.

 

Menjatuhkan pilihan pada cincin tunangan emas putih memang pilihan tepat. Selain elegan, berkilau, dan modern, cincin ini juga memiliki nilai investasi. Anda bisa mendapatkan aneka desain emas putih berkualitas hanya di Kotagede Jewellery. Silakan kunjungi kami dan temukan cincin idaman.

Mengikat Cinta dengan Cincin Tunangan Emas Putih