Wisata ke Lombok ala backpacker ini aku susun agar lebih nyaman dan lebih paham harus ngapain aja setelah sampai di Lombok. Tentunya dengan budget yang tipis, kita tetap bisa jelajah Lombok dengan backapackeran.

Untuk durasi waktunya sebenarnya tergantung dari Anda sendiri. Anda punya waktu liburan berapa lama, tingkat kekuatan fisik Anda dan beberapa hal lainnya.

Namun kali ini saya ingin coba berbagi pengalaman bagaimana saya waktu itu wisata ke Lombok dan dengan cara tersendiri, yaitu ala backpacker.

Maklum saja, waktu itu saya memang senang berpetualang dengan budget yang hemat.

WISATA KE LOMBOK ALA BACKPACKER 4 HARI 3 MALAM

Wisata ke pulau cantik ini memang perlu perhitungan yang tepat dan rencana yang matang. Meskipun kita akan berlibur tujuan Lombok ala backpacker, nyatanya kita juga tetap harus punya rencana. Tidak hanya modal nekat saja ya 😀

wisata ke lombok ala backpacker

Nah, keindahan Lombok ini sebenarnya bisa kita jelajahi idealnya selama 4 hari 3 malam. Sehingga lebih banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi.

Waktu itu aku ambil cuti 2 hari dari kerjaan di kantor, jadinya aku dapat wisata semenjak hari Jumat, Sabtu, Minggu serta kembali Senin.

Nah, puji syukurnya waktu itu aku sudah siapkan tabungan yang lumayan buat aku serta teman seleksi destinasi wisata di kawasan pulau Lombok serta nyeberang ke gili– gilinya.

Seingat aku dahulu itu rute Lombok ala backpacker semacam ini:

Hari– 1= daerah Senggigi dan check in hotel

Hari– 2= Gili Trawagan

Hari– 3= daerah Mandalika

Hari– 4= Check out hotel dan Sasak tour

Destinasi wisata serta program dari backpacker ke Lombok dengan rute di atas dapat dibilang santai serta sesuai buat anak– anak maupun orang berumur lanjut. Walaupun sebagian spot lumayan menggoda adrenalin serta menghabiskan tenaga.

Itu jika dari pengalaman aku gimana sepatutnya backpacker ke Lombok 😀

Lain cerita lagi bila kamu mau memakai travel agent di Lombok. Kamu dapat lebih santai serta dapat lebih menikmati tiap ekspedisi wisata ini.

Karena seluruh kebutuhan kita telah ditanggung ataupun disiapkan oleh travel tersebut. Kita ingin makan tinggal duduk serta nikmati santapan. Dikala ingin naik kapal buat menyeberang tinggal kita naik kapal saja, apalagi dikala snorkeling si boatman pula bantu kita buat snorkeling.

Jadinya kita benar– benar terlayani dengan baik. Program wisata kita juga jadinya lebih mengasyikkan. Kita tidak butuh repot– repot siapkan seluruh kebutuhan serta perundingan ke pihak owner kapal Mengenai biayanya. Belum lagi pengeluaran ini itu yang tidak terduga dikala di Lombok.

Namun jika kamu ingin yang lebih hemat lagi, sebenarnya bisa juga request ke travel agent untuk request ala backpacker.

Beberapa kriteria untuk setting wisata ke Lombok ala backpacker :

  1. Destinasi mudah dijangkau dan hemat biaya
  2. Penginapan yang digunakan hanya representatif untuk tidur
  3. Kendaraan yang digunakan yang penting laik jalan

Nah, dari ketiga kriteria tadi sebenarnya kamu sudah bisa setting sendiri. Dan misal masih kesulitas juga, seperti yang tadi aku bilang, gunakan jasa travel agent Lombok.

Kalau dari kriteria pertama tentang destinasi yang hemat, ini artinya destinasi wisata tersebut mudah dijangkau. Seperti halnya kita perlu naik kapal ataupun yang lainnya.

Dan beruntungnya kamu pilih destinasi ke Lombok, sebab sepanjang garis pantai pulau ini memang banyak tempat yang mudah dikunjungi. Begitu pula di dalam kotanya, banyak juga yang bisa kita nikmati ala backpacker loh.

Oh iya, kalau dari itinerary yang tadi aku sebutin tadi, jadinya paling tidak begini :

Hari Pertama = Pantai Senggigi, Pantai Nipah, Bukit Malimbu, Vila Hantu

Hari Kedua = Hutan Pusuk, Pelabuhan Bangsal naik Kapal Penyeberangan Umum, Gili Trawangan

Hari Ketiga = Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai dan Bukit Seger, Pantai Kuta

Hari Keempat = Desa Sukarara, Desa Ende

Setidaknya dengan kunjungi destinasi wisata tadi sudah cukup hemat biaya dan viewnya bagus loh.

Kemudian untuk acuan berikutnya yaitu tentang penginapan.

Di Lombok banyak hotel, homestay ataupun cottage yang berbudget hemat. Dan saat kita trip ke Lombok ala backpacker tentunya kita cari yang murah dan representatif ya. Seperti yang aku bilang, setidaknya cukup untuk tidur dan sarapan pagi.

Kalian bisa cari penginapan yang bertarif Rp.150.000,- per malam bisa. Kalau mau yang ekstrem tentu Anda bisa bangun tenda sendiri di pinggir pantai ya 😀

Tapi misal Anda cari yang bertarif Rp.200.000,- sebenarnya sudah cukup lah, dan ini lebih nyaman tentunya. Rata – rata penginapan sekelas ini bisa kamu dapetin di daerah Kota Mataram. Sedangkan kalau di daerah Senggigi biasanya harganya sedikit lebih mahal.

Sampai sini sudah mulai tergambarkan wisata ke Lombok ala backpacker kita ya.

Untuk kriteria ketiga tentang kendaraan, sebenarnya ini bisa ada beberapa cara. Kita bisa naik sepeda motor atau mobil. Namun jika kamu mau naik transportasi umum, maka sampai saat ini belum tersedia. Tentu alternatif paling pas adalah pakai travel agent, atau kita sewa kendaraan.

Bagi aku, sewa sepeda motor sebenarnya jadi pilihan yang paling pas untuk backpacker ke Lombok. Sepanjang perjalanan kita benar – benar bisa nikmati alamnya dan kita bisa sewaktu – waktu berhenti di spot perjalanan yang keren.

Biaya sewa sepeda motor ini relatif hampir sama dengan tempat wisata lainnya. Paling tidak kamu siapin aja budget Rp.75.000,- sampai Rp.100.000,- sudah cukup kok.

Nah, dengan kita sewa sepeda motor, tentunya kita juga harus sudah siap dengan konsekuensinya sendiri ya. Harus tahu jalan, harus berani melangkah dan harus berhati – hati.

Lain halnya jika kamu pakai travel agent dan request ke mereka untuk gunakan kendaraan sepeda motor, itu pun bisa. Apalagi kamu yang sendirian atau solo traveling, pilihan pakai sepeda motor dengan berboncengan bersama guide travel agent jadi lebih tenang.

Selain hemat dan bisa nikmati keindahan alam Lombok, kita jadi tinggal duduk bonceng sdan nikmati wisatanya. Kita tidak perlu repot – repot cari jalan terbaik. Saat kamu kesulitan bahasa pun si guide bisa bantu untuk komunikasi dengan masyarakat lokal.

Mumpung keingetan, selain ketiga hal tadi, kita juga bisa pertimbangkan faktor makanan. Agar hemat selama wisata ke pulau cantik ini, kamu bisa siapkan budget sekitar Rp.15.000,- per sekali makan ya. Tapi juga ingat, ini dengan menu ala warungan biasa.

Akan berbeda kalau kamu masuk ke warung makan tempat wisata, budgetnya bisa Rp.60.000,- sampai Rp.100.000,-.

Nah, dari uraianku di atas, sebenarnya sudah cukup untuk wisata ke Lombok ala backpacker. Mulai dari destinasi wisata yang bisa kita tuju dengan hemat, akomodasi selama di Lombok seperti apa, hingga budget makannya.

Namun kalau pengen referensi yang lainnya untuk wisata ke Lombok, kamu bisa browsing – browsing saja di google. Referensi paket tour wisata yang aku rekomendasikan adalah Traveler Cantik. Kamu ketikkan saja “traveler cantik” maka akan muncul di halaman pertama google website mereka.